Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selasa, 15 Januari 2013

PEMERIKSAAN LEMAK DARAH

PEMERIKSAAN LEMAK DARAH
KolesterolPemeriksaan lemak darah yang akan dibahas dibawah ini adalah pemeriksaan yang sering dilakukan di Rumah Sakit maupun Puskesmas yaitu kolesterol, trigliserida, LDL, HDL dan VLDL. Untuk memudahkan memahami pemeriksaan ini berikut akan diberikan uraian singkat mengenai kolesterol, trigliserida, LDL, HDL dan VLDL.
Didalam darah kita ada tiga bentuk lemak dasar yaitu kolesterol, trigliserida dan fosfolipid, oleh karena
ketiganya adalah lemak maka ketiga lemak ini membutuhkan pelarut supaya bisa beredar dan larut dalam darah, ketiganya kemudian bergabung dengan salah satu jenis protein yaitu apoprotein sering disebut dengan apo saja. Ketiga lemak ini kemudian bersama-sama dengan apoprotein membentuk Lipoprotein (LP) (gabungan lipid/lemak dengan protein). Jadi lipoprotein adalah
gabungan antara kolesterol + trigliserida + fosfolipid + dan apoprotein.
Ukuran, densitas, komposisi lemak dan komposisi apo berbeda-beda dalam Lipoprotein, hal inilah yang menyebabkan sehingga dikenal beberapa jenis Lipoprotein diantaranya adalah HDL, LDL dan VLDL dan beberapa yang lain.
HDL (High Density Lipoprotein) adalah bentuk LP yang memiliki kolesterol paling
sedikit dibentuk di usus dan hati, HDL ini akan menyerap kolesterol bebas dari pembuluh darah, atau bagian tubuh lain seperti sel makrofag, kemudian membawanya ke hati, hal inilah yang membuat HDL dijuluki kolesterol baik walaupun istilah ini sebenarnya kurang tepat karena seperti dijelaskan diatas HDL adalah gabungan dari kolesterol, trigliserida dan fosfolipid serta apoprotein.
VLDL (Very Low Density Lipoprotein) merupakan Lipoprotein yang mengandung trigliserida (TG) tinggi, fosfolipid dan kolesterol sedang serta protein rendah. VLDL dibentuk dihati yang kemudian akan diubah dipembuluh darah menjadi LDL (low density lipoprotein).

LDL (Low Density Lipoprotein) adalah LP dalam plasma yang mengandung sedikit trigliserida, fosfolipid dan kolesterol tinggi.

LDL akan membawa kolesterol keluar dari hati dan membawa

ke dinding pembuluh darah sehingga dikenal sebagai kolesterol jahat.

KLINIS: Apabila kolesterol tinggi akan menyebabkan terbentuknya endapan/kristal lempengan yang akan mempersempit atau meyumbat pembuluh darah. Pada keadaan yang berat dimana terjadi sumbatan yang total dari pembuluh darah maka akan terjadi kerusakan organ, misalkan bila pembuluh koroner yang tertutup, maka terjadi serangan jantung, dan apabila pembuluh darah diotak yang tersumbat maka akan menyebabkan stroke.
HDL akan membawa kolesterol bebas dari pembuluh darah ke hati sehingga diameter pembuluh darah akan melebar, sedangkan jika VLDL dan LDL yang tinggi maka akan terjadi hal yang sebaliknya dimana pembuluh darah menjadi menyempit.
TRIGLISERIDA, trigliserida merupakan salah satu bentuk dari 3 lemak dasar dalam darah yang disintesis dari karbohidrat dan disimpan dalam bentuk lemak hewani. Berbeda dengan kolesterol yang disimpan dalam jaringan hati dan dinding pembuluh darah, Trigliserida (TG) akan disimpan dalam sel lemak dibawah kulit (hal ini merupakan penyebab sulitnya terbentuk six pack pada otot-otot perut). Apabila kadar TG tinggi maka akan merubah metabolisme VLDL menjadi suatu bentuk large VLDL (L-VLDL). Bentul L-VLDL ini akan merubah LDL yang sangat mudah teroksidasi dan merusak HDL yang pada akhirnya akan memperberat kadar kolesterol pembuluh darah.

Kolesterol :

Nilai normal :

Orang Dewasa : <200 mg/dl

Orang dewasa resiko sedang : 200-240 mg/dl

Orang dewasa resiko tinggi : >240 mg/dl

Bayi : 90-130 mg/dl

Anak : 130-170 mg/dl

Bayi/anak resiko tinggi : >185 mg/dl

Trigliserida :

Nilai normal:

Dewasa muda : s/d 150 mg/dl

Dewasa >50 tahun : s/d 190 mg/dl

Bayi : 5,0-40 mg/dl

Anak : 10-135 mg/dl

HDL (High Density Lipoprotein):

Nilai normal:

Pria dewasa : > 55 mg/dl

Wanita dewasa : >65 mg/dl

Resiko tinggi jantung koroner : <35 mg/dl

Resiko sedang jantung koroner : 35-45 mg/dl

Resiko rendah jantung rendah : >60 mg/dl

LDL (Low Density Lipoprotein) :

Nilai normal:

Normal Orang Dewasa : <150 mg/dl

Resiko tinggi jantung koroner : >160 mg/dl

Resiko sedang jantung koroner : 130-159 mg/dl

Resiko rendah jantung koroner : <130 mg/dl



Tingginya kadar lemak darah atau dikenal dislipidemia berhubungan erat denngan penyakit kronis seperti Diabetes mellitus, Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner, & STROKE.
---oo000oo---
tags: Nilai normal, Kolesterol, Trigliserida, Kolesterol jahat, kolesterol baik, LDL, HDL, Hipertensi, Jantung Koroner, Stroke
by Ishak, S.Ft.,Physio




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar